Thursday, November 7, 2019

Sosialisasi E-Rapor versi 2.0 Kepada Guru SMP PAB 2 Helvetia

0 comments
Sosialisasi E-Rapor versi 2.0 Kepada Guru SMP PAB 2 Helvetia

Kamis, 07 November 2019
Sosialisasi E-Rapor versi 2.0 Kepada Guru SMP PAB 2 Helvetia
         Upaya Manajemen SMP PAB 2 Helvetia dalam melakukan kegiatan sosialisasi kepada para guru terkait pengisian e rapor Selalu dilakukan hal ini mengacu pada Permendikbud Nomor : 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan menjelaskan bahwa penilaian pendidikan pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah terdiri atas penilaian hasil belajar oleh pendidik, satuan pendidikan, dan pemerintah. Penilaian hasil belajar oleh pendidik bertujuan untuk memantau dan mengevaluasi proses, kemajuan belajar, dan perbaikan hasil belajar peserta didik secara berkesinambungan. Penilaian hasil belajar dimulai dengan merencanakan penilaian, menyusun instrumen, melaksanakan penilaian, mengolah dan memanfaatkan, serta melaporkan hasil penilaian.
        Proses Penilaian hasil belajar peserta didik, baik oleh pendidik maupun oleh satuan Pendidikan, akan lebih sistematis, komprehensif, lebih akurat, dan cepat dilakukan apabila didukung dengan perangkat aplikasi komputer. Berkait dengan hal tersebut, sejak tahun 2017 Direktorat Pembinaan SMP, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menegah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, telah mengembangkan aplikasi e-Rapor SMP versi 1.0 yang teritegrasi dengan Data Pokok Pendidikan (Dapodik), termasuk panduan pengunaannya. Namun sejalan dengan perkembangan kebijakan penilaian, Dapodik, dan kebutuhan di sekolah, maka saat ini telah dilakukan upaya pengembangan dan penyempurnaan menjadi aplikasi e-Rapor SMP versi 2.0.( http://ditpsmp.kemdikbud.go.id/erapor/)
       oleh karena itulah SMP PAB 2 Helvetia melakukan Sosialisasi Tentang E-rapor tersebut, agar tdk terjadi kesalahan serta dalam pengisian e-rapor dapat bejalan dengan baik dan tepat sasaran

No comments:

Post a Comment